RAJIN PANGKAL PANDAI
Kompetensi yang diuji : Mendeskripsikan proses, aspek, dan dampak globalisasi
dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Indikator : Siswa dapat menyebutkan aspek negatif globalisasi
Nomor Soal : 1
Di era globalisasi dampak positif dan negatif pada suatu
negara pasti akan dijumpai, dibawah ini adalah dampak
aspek negatif globalisasi, kecuali :
a. masuknya nilai budaya luar akan menghilangkan nilai-nilai tradisi dan identitas suatu bangsa
b. eksploitasi alam dan sumber daya lain akan memuncak karena kebutuhan yang makin besar
c. dalam bidang ekonomi, berkembang nilai-nilai konsumerisme dan individual yang menggeser nilai-nilai sosial masyarakat
d. terjadi dehumanisasi, yaitu derajat manusia nantinya tidak dihargai karena lebih banyak menggunakan mesin-mesin berteknologi tinggi
e. penggunaan mesin ketik sekarang diganti dengan alat komputer yang lebih canggih
Kunci : E
Kompetensi yang diuji : Mendeskripsikan proses, aspek, dan dampak globalisasi
dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Indikator : Siswa dapat menyebutkan aspek positif globalisasi
Nomor Soal : 2
Lihat soal nomor 41, dampak aspek positif arus
globalisasi seperti tergambar berikut ini, kecuali :
a. telepon ke hp
b. cangkul ke traktor
c. pelita ke listrik
d. kawin adat ke kawin kontrak
e. radio ke televisi
Kunci : D
Kompetensi yang diuji : Mengevaluasi pengaruh globalisasi terhadap kehidupan
bangsa dan negara Indonesia
Indikator : Siswa dapat memberikan contoh sikap yang
mencerminkan nasionalisme di era globalisasi
Nomor Soal : 3
Contoh sikap yang mencerminkan nasionalisme di
era globalisasi adalah :
a. kebersamaan dalam berjuang
b. semangat mencintai daerahnya
c. meningkatkan kemajuan teknologi
d. memperbaiki kondisi sosial ekonomi
e. meningkatkan kemajuan ekademis
Kunci : A
Kompetensi yang diuji : Mengidentifikasi ciri perekonomian Indonesia sesuai sila
keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Indikator : Siswa dapat menunjukkan wujud partisipasi rakyat dalam
perekonomian menurut pasal 33 UUD 1945
Nomor Soal : 4
Wujud partisipasi aktif rakyat dalam perekonomian
menurut pasal 33 UUD 1945 dapat ditunjukkan dengan
cara :
a. menjadi anggota koperasi
b. memberdayakan swasta
c. mengembangkan perusahaan
d. meningkatkan efisiensi BUMN
e. menjadi pengurus yayasan
Kunci : A
Kompetensi yang diuji : Mengidentifikasi tuntunan tingkah laku sebagai
kewajiban moral yang perlu ditumbuhkembangkan dalam
masyarakat majemuk
Indikator : Siswa dapat menjelaskan wujud suasana kerukunan hidup
antarumat beragama dalam masyarakat
Nomor Soal : 5
Suasana kerukunan hidup antarumat beragama di dalam
masyarakat dapat diwujudkan terutama bila kita
a. bersedia memahami sifat dan kepentingan pemeluk agama lain
b. mau menghormati dan bekerjasama dengan pemeluk agama lain
c. tidak keberatan membantu kepentingan bagi pemeluk agama lain
d. dengan senang hati bekerja untuk kepentingan pemeluk agama lain
e. rela berkorban dan kasih sayang terhadap pemeluk agama lain
Kunci : B
Kompetensi yang diuji : Mendeskripsikan kegunaan upaya menjaga ketentraman,
ketertiban keamanan dalam mendukung pembangunan
nasional guna mencapai tujuan nasional yaitu masyarakat
adil dan makmur
Indikator : Siswa dapat menjelaskan manfaat/kegunaan dari ketaatan
atau kepatuhan dalam kehidupan bernegara
Nomor Soal : 6
Kegunaan atau manfaat dari ketaatan atau kepatuhan
dalam kehidupan bernegara yaitu :
a. terciptanya kehidupan yang aman dan tertib
b. menjamin dan menegakkan kepastian hukum
c. meningkatkan stabilitas nasional
d. meningkatkan kepercayaan luar negeri
e. mendorong kemajuan ekonomi nasional
Kunci : A
Kompetensi yang diuji : Mengidentifikasi ciri perwujudan keikhlasan, kejujuran,
dan pengabdian dalam berbagai kehidupan untuk
mendukung pembangunan watak dan kepribadian
masyarakat yang berbudi luhur
Indikator : Siswa dapat memberikan contoh perilaku masyarakat
yang mencerminkan keikhlasan, kejujuran, dan
pengabdian dalam berbagai kehidupan
Nomor Soal : 7
Perilaku masyarakat yang mencerminkan perwujudan
keikhlasan yaitu :
a. menerima sesuatu hasil yang sepadan dengan apa yang dikerjakan
b. memberi sesuatu yang sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya
c. memberikan sesuatu tanpa mengharap imbalan atau tanpa pamrih
d. menghukum orang sesuai derajat kesalahan yang diperbuatnya
e. melaksanakan pekerjaan sesuai dengan tugas yang diberikan
Kunci : C
Kompetensi yang diuji : Mengidentifikasi kedisiplinan dalam membangun
ketertiban guna mendukung kberhasilan pembangunan
nasional
Indikator : Siswa dapat memberikan contoh perilaku yang sesuai
dengan norma yang ada dalam masyarakat
Nomor Soal : 8
Contoh perilaku yang sesuai dengan norma hukum adalah
a. memberantas tindak kejahatan
b. membiarkan pengadilan massa
c. membayar pajak tepat waktu
d. menghukum orang yang bersalah
e. menangkap pelanggar hukum
Kunci : D
Kompetensi yang diuji : Menganalisis kehidupan demokrasi sebagai bentuk
tanggung jawab pelaksanaan kehidupan bernegara
Indikator : Siswa dapat menjelaskan prinsip pokok yang harus
diperhatikan dalam pelaksanaan demokrasi Pancasila
Nomor Soal : 9
Prinsip pokok yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan
demokrasi Pancasila adalah :
a. putusan harus diambil dengan musyawarah mufakat
b. kita harus selalu menghormati hak orang lain
c. kebebasan yang diikuti oleh rasa tanggung jawab
d. kekuasaan rakyat dibatasi dengan peraturan
e. pemerintah harus memperhatikan aspirasi rakyat
Kunci : E
Kompetensi yang diuji : Menganalisis dan menarik kesimpulan penilaian terhadap
pola hidup moderen dalam kaitannya dengan pola hidup
sederhana
Indikator : Siswa dapat memberikan contoh prilaku yang
menggambarkan pola hidup sederhana
Nomor Soal : 10
Contoh prilaku yang sesuai dengan pola hidup sederhana
adalah :
a. menentukan kebutuhan sehari-hari seminim mungkin
b. menghindari pengeluaran yang tidak diperlukan
c. bersedia memakai barang yang masih pantas dipakai
d. selalu memakai barang produk dalam negeri
e. berpuasa setiap kamis untuk menghemat pengeluaran
Kunci : B
Kompetensi yang diuji : Menganalisis pelaksanaan sistem pemerintahan di negara
Indonesia
Indikator : Siswa dapat menyebutkan kekuasaan yang mengadili
perbuatan yang melanggar undang-undang
Nomor Soal : 11
Menurut pendapat Montesquieu, kekuasaan yang
mengadili perbuatan yang melanggar Undang-Undang
adalah :
a. Pengadilan
b. Legeslatif
c. Mahkamah Agung
d. Eksekutif
e. Yudikatif
Kunci : E
Kompetensi yang diuji : Membandingkan pelaksanaan sistem pemerintahan yang
berlaku di Indonesia dengan negara lain
Indikator : Siswa dapat membandingkan penerapan demokrasi
Pancasila dengan demokrasi negara Barat
Nomor Soal : 12
Keunggulan demokrasi Pancasila bila dibandingkan
dengan demokrasi di negara liberal adalah :
a. hak-hak asasi manusia menurut demokrasi Pancasila dijunjung tinggi dalam masyarakat
b. kebebasan dalam mengemukakan pendapat dijamin dalam peraturan perundang-undangan
c. demokrasi Pancasila digali dari nilai sosial budaya bangsa Indonesia sendiri
d. dalam demokrasi Pancasila tidak mengenal adanya oposisi dalam kehidupan bernegara
e. kebersamaan dalam segala hal dijunjung tinggi menurut demokrasi Pancasila
Kunci : C
Kompetensi yang diuji : Menganalisis pelaksanaan sistem pemerintahan di negara
Indonesia
Indikator : Siswa dapat menjelaskan prinsip pengambilan keputusan
menurut UUD 1945
Nomor Soal : 13
Prinsip yang terkandung dalam UUD 1945 mengenai
pengambilan keputusan adalah :
a. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan
b. menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban
c. mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa
d. musyawarah untuk mencapai mufakat
e. mengambil keputusan berdasarkan suara terbanyak
Kunci : E
Kompetensi yang diuji : Mendeskripsikan pengertian, fungsi dan peran serta
perkembangan pers di Indonesia
Indikator : Siswa dapat menyebutkan undang-undang pers di
Indonesia
Nomor Soal : 14
Pers nasional mempunyai fungsi sebagai media
informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial. Pers
nasional berkewajiban memberitakan peristiwa dan opini
dengan menghormati norma-norma agama dan rasa
kesusilaan masyarakat serta asas praduga tak bersalah.
Dari pemahaman pers nasional tersebut berlandaskan
pada UU Pers nomor :
a. 40 tahun 1999
b. 41 tahun 1999
c. 42 tahun 1999
d. 43 tahun 1999
e. 39 tahun 2000
Kunci : A
Kompetensi yang diuji : Mendeskripsikan pengertian, fungsi dan peran serta
perkembangan pers di Indonesia
Indikator : Siswa dapat menyebutkan pengertian pers menurut Taufik
Nomor Soal : 15
Menurut Taufik dalam bukunya berjudul “Sejarah dan
Perkembangan Pers di Indonesia” pers nasional
digolongkan menjadi dua, dalam arti sempit dan dalam
arti luas. Dibawah ini adalah contoh pemahaman pers
dalam arti sempit :
a. radio
b. surat kabar
c. televisi
d. film
e. internet
Kunci : B
Kompetensi yang diuji : Menganalisis pers yang bebas dan bertanggung jawab
sesuai kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis
di Indonesia
Indikator : Siswa dapat mengemukakan hak asasi mengemukakan
pendapat sesuai dengan perundangan yang berlaku
Nomor Soal : 16
Hak asasi kebebasan berbicara dan memperoleh informasi
yang merupakan hak setiap warga negara. Negara
Indonesia telah menjamin kebebasan berbicara dan
mengeluarkan pendapat yang sudah diatur dalam UUD
1945 :
a. pasal 27 ayat 1
b. pasal 27 ayat 2
c. pasal 28 ayat 1
d. pasal 28 ayat 2
e. pasal 18 ayat 1
Kunci : C
Kompetensi yang diuji : Menganalisis pers yang bebas dan bertanggung jawab
sesuai kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis
di Indonesia
Indikator : Siswa dapat menyebutkan sejumlah media massa yang
ada sejak zaman penjajahan di Indonesia
Nomor Soal : 17
Dibawah ini adalah contoh harian yang terbit pada masa
pergerakan, antara lain sebagai berikut, kecuali :
a. Harian Sedio Tomo
b. Harian Darmo Kondo
c. Harian Utusan Hindia
d. Harian Merdeka
e. Harian Fadjar Asia
Kunci : D
Kompetensi yang diuji : Mengevaluasi kebebasan pers dan dampak
penyalahgunan kebebasan media massa dalam dan
dampak penyalahgunaan kebebasan media massa dalam
masyarakat demokratis di Indonesia
Indikator : Siswa dapat menyebutkan manfaat media massa untuk
Masyarakat
Nomor Soal : 18
Media massa bagi masyarakat adalah wahana untuk
mewujudkan hak :
a. mendapatkan jaminan hukum
b. memperoleh pekerjaan yang layak
c. memiliki sesuatu
d. menyatakan pendapat dan berbicara
e. memeluk agama atau kepercayaan
Kunci : D
Kompetensi yang diuji : Mengevaluasi kebebasan pers dan dampak
penyalahgunan kebebasan media massa dalam dan
dampak penyalahgunaan kebebasan media massa dalam
masyarakat demokratis di Indonesia
Indikator : Siswa dapat menyebutkan manfaat media massa di era
Budi Utomo
Nomor Soal : 19
Setelah munculnya pergerakan moderen Budi Utomo 20
Mei 1908, surat kabar yang dikeluarkan orang Indonesia
lebih banyak berfungsi sebagai :
a. alat perjuangan
b. alat pemersatu
c. media terlarang
d. media penjajah
e. pers bebas
Kunci : A
Kompetensi yang diuji : Mendeskripsikan proses, aspek, dan dampak globalisasi
dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Indikator : Siswa dapat menyebutkan contoh pasar bebas yang ada di
Asia
Nomor Soal : 20
Dalam era global, barang, jasa dan produk dari berbagai
negara akan masuk dan saling berkompetisi dengan
produk lokal. Arus keluar masuk barang dan jasa tidak
lagi dibatasi. Di wilayah-wilayah regional dibentuk pasar
bersama, misalnya di Asia dengan pemberlakuan :
a. AFTA
b. ASEAN
c. NATO
d. SEATO
e. Pakta Warsawa
Kunci : A
Kompetensi yang diuji : Menganalisis pelaksanaan demokrasi di Indonesia sejak
orla, orba, dan reformasi
Indikator : Siswa dapat memberi contoh budaya demokrasi di
Indonesia
Nomor Soal : 21
Berikut ini adalah salah satu contoh budaya demokrasi di
Indonesia, kecuali :
a. melakukan diskusi antarteman
b. mengadakan pemungutan suara untuk memilih ketua kelas
c. memaksakan pendapat yang dianggap benar
d. menghargai pendapat teman lain
e. menghindari kekerasan
Kunci : C
Kompetensi yang diuji : Menampilkan prilaku budaya demokrasi dalam
kehidupan sehari-hari
Indikator : Siswa dapat memberi contoh budaya demokrasi yang ada
di sekolah
Nomor Soal : 22
Contoh penerapan budaya demokrasi yang ada di
lingkungan sekolah adalah seperti berikut, kecuali :
a. kesediaan bergaul dengan teman di sekolah tanpa diskriminasi
b. menerima teman yang berbeda latar belakang suku, budaya, ras dan agama
c. mengutamakan musyawarah, membuat kesepakatan untuk menyelesaikan masalah
d. menghargai pendapat teman lain asalkan pendapat itu tidak berbeda dengan kita
e. menerima dengan ikhlas hasil kesepakatan bersama
Kunci : D
Kompetensi yang diuji : Mendeskripsikan pengertian dan pentingnya keterbukaan
dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Indikator : Siswa dapat menjelaskan pengertian keterbukaan dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara
Nomor Soal : 23
Arti penting pemerintah yang terbuka adalah dapat …
a. menciptakan kebebasan
b. memperkuat kekuasaan
c. meningkatkan partisipasi
d. memperbanyak ancaman
e. memperlemah negara lain
Kunci : A
Kompetensi yang diuji : Menunjukkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara
Indikator : Siswa dapat memberi pengertian tentang keterbukaan di
dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Nomor Soal : 24
Para penyelenggara negara dalam bertindak harus tetap
berlandaskan pada peaturan perundang-undangan,
kepatuhan, dan keadilan dalam setiap dalam setiap
kebijaksanaannya. Hal itu berarti penyelenggara negara
berdasarkan asas :
a. kepastian hukum
b. tertib penyelenggara negara
c. kepentingan umum
d. keterbukaan
e. proporsionalitas
Kunci : D
Kompetensi yang diuji : Menganalisis fungsi perwakilan diplomatik
Indikator : Siswa dapat menyebutkan landasan politik luar negeri
Indonesia
Nomor Soal : 25
Ada 2 landasan politik luar negeri Indonesia, pertama
landasan idiil dan kedua landasan struktural. Dibawah ini
adalah yang termasuk landasan struktural :
a. TAP MPR
b. Pancasila
c. Kepres
d. Pembukaan UUD 1945
e. Bebas dan aktif
Kunci : D
Kompetensi yang diuji : Menganalisis upaya pemberantasan korupsi di Indonesia
Indikator : Siswa dapat menyebutkan dasar hukum tentang
pemberantasan korupsi di Indonesia
Nomor Soal : 26
: Dibawah ini adalah Undang-Undang Anti Korupsi yang
pengesahannya sesuai dengan pengesahan Konvensi
Perserikatan Bangsa-Bangsa anti korupsi, 2003 yaitu :
a. UU No 4 tahun 2006
b. UU No 5 tahun 2006
c. UU No 6 tahun 2006
d. UU No 7 tahun 2006
e. UU No 40 tahun 1999
Kunci : D
Kompetensi yang diuji : Menganalisis upaya pemajuan, penghormatan dan
penegakan HAM
Indikator : Siswa dapat menyebutkan pengertian HAM menurut
konstitusi RIS yang bersifat universal
Nomor Soal : 27
: Pengertian HAM menurut konstitusi RIS memiliki sifat
universal, namun pelaksanaannya di negara Indonesia
berpangkal pada :
a. keseimbangan antara hak dan kewajiban
b. pernyataan sedunia tentang hak asasi
c. empat kebebasan Franklin D. Rossevelt
d. hak asasi pribadi, ekonomi, dan keamanan
e. hak asasi politik dan sosial budaya
Kunci : A
Kompetensi yang diuji : Menganalisis kedudukan Pembukaan UUD 1945 negara
kesatuan republik indonesia
Indikator : Siswa dapat menjelaskan makna yuridis konstitusional
Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 bagi bangsa
Indonesia
Nomor Soal : 28
: Ditinjau dari aspek yuridis, Proklamasi Kemerdekaan 17
Agustus 1945 mempunyai makna :
a. dimulainya penerapan Pancasila sebagai sumber
hukum
b. berlakunya supremasi hukum untuk ditegakkan oleh bangsa
c. negara Indonesia berdasarkan atas hukum, bukan kekuasaan
d. diakuinya negara hukum Indonesia dalam forum Internasional
e. menandai mulai dihapuskannya sistem hukum kolonial
Kunci : E
Kompetensi yang diuji : Menghargai persamaan kedudukan warga negara tanpa
membedakan ras, agama, gender, golongan, budya dan
suku
Indikator : Siswa dapat menyebutkan dasar hukum tentang
persamaan kedudukan sebagai warga negara
Nomor Soal : 29
: Tiap warga negara bersamaan kedudukannya didalam
hukum dan pemerintah dan wajib menjunjung hukum
pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya,
pernyataan ini adalah isi dari salah satu UUD 1945 pasal
a. 26 ayat 1
b. 27 ayat 1
c. 27 ayat 2
d. 28 ayat 3
e. 18 ayat 4
Kunci : B
Kompetensi yang diuji : Menampilkan peran serta dalam sistem politik di
Indonesia
Indikator : Siswa dapat menyebutkan kedudukan budaya politik di
masyarakat
Nomor Soal : 30
: Sistem politik demokrasi pada hakekatnya menyatakan
bahwa kekuasaan berada di tangan
a. negara
b. rakyat
c. pemerintah
d. DPR
e. MPR
Kunci : B
Kompetensi yang diuji : Mendiskripsikan hakekat bangsa dan unsur-unsur
terbentuknya negara
Indikator : Siswa dapat menjelaskan pengertian Zoon Politicon
menurut pendapat Aristoteles
Nomor Soal : 31
: Dalam kehidupan masyarakat yang mejemuk banyak
terdapat masalah-masalah sosial, sehingga Aristoteles
menyebutnya sebagai Zoon Politicon maksudnya adalah :
a. jumlah penduduk meningkat
b. mata pencaharian masyarakat semakin sulit
c. makhluk sosial
d. masyarakat suka kritis
e. masyarakat yang heterogen
Kunci : C
Kompetensi yang diuji : Menunjukkan semangat kebangsaan, nasionalisme dan
patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa
dan bernegara
Indikator : Siswa dapat memahami semangat patriotisme dan
nasionalisme dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Nomor Soal : 32
: Jika saya sedang bertempat tinggal di perbatasan dengan
negara tetangga Malaysia, kemudian saya ditawari dan
direkrut menjadi relawan Askar Wataniah oleh kerajaan
Malaysia maka sikap saya adalah :
a. ikut saja karena gajinya besar
b. tidak mau ikut karena tidak ditawari
c. daripada hidup melarat lebih baik jadi warga negara
penghianat
d. tidak mau biar dalam keadaan bagaimanapun
e. tidak mau ikut karena masih ada pekerjaan yang lain
Kunci : D
Kompetensi yang diuji : Mendiskripsikan pengertian sistem hukum dan peradilan
nasional
Indikator : Siswa dapat menyebutkan sifat hukum
Nomor Soal : 33
: Di Indonesia diberlakukannya hukum positif, menurut
jenisnya dibagi menjadi dua bagian. Yang pertama
hukum perdata dan kedua hukum pidana, kedua jenis
hukum tersebut mempunyai sifat :
a. memaksa
b. pasti
c. pleksibel
d. mengadili
e. menghukum supaya jera
Kunci : A
Kompetensi yang diuji : Menganalisis peranan lembaga-lembaga peradilan
Indikator : Siswa dapat menyebutkan pengertian grasi
Nomor Soal : 34
Pengadilan telah menyidangkan kelompok teroris,
tuduhan telah dengan sengaja menghabiskan nyawa orang
lain dan dianggap ancaman bagi suatu negara tuntutan
jaksa dan keputusan hakim adalah hukuman mati,
mendengar keputusan tersebut mereka naik banding dan
mengajukan grasi kepada Presiden, kata grasi dalam
pernyataan tersebut artinya :
a. menolak tuduhan yang disampaikan jaksa
b. minta keringanan hukuman
c. minta ampunan
d. mengklarifikasi kejadian yang sebenarnya
e. minta dibebaskan dari semua tuduhan
Kunci : B
Kompetensi yang diuji : Menunjukkan sikap yang sesuai dengan ketentuan hukum
yang berlaku
Indikator : Siswa dapat membedakan perbuatan yang melawan
hukum yang berlaku di negara Indonesia
Nomor Soal : 35
: Apabila ada seorang pejabat sedang mengendarai mobil
berhadapan dengan Polantas yang sedang razia, kebetulan
tidak membawa surat-surat kendaraan dan tidak
menggunakan sabuk pengaman, maka sikap yang paling
baik adalah :
a. tancap gas meninggalkan Polisi yang sedang razia
b. mengakui kesalahan dan menerima surat tilang tapi tidak mau diadili di pengadilan
c. minta diijinkan pergi karena dia seorang pejabat sedang ada urusan dinas
d. memberi sedikit uang kepada petugas dan langsung pergi
e. menerima surat tilang dan diselesaikan di pengadilan
Kunci : E
Kompetensi yang diuji : Mendiskripsikan pengertian budaya politik
Indikator : Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri budaya politik
partisipan
Nomor Soal : 36
: Kehidupan politik dianggap sebagai sarana transaksi
seperti halnya penjual dan pembeli. Warga dapat
menerima sebagai kesadaran, tetapi juga harus mampu
menolak berdasarkan penilaiannya sendiri.Pernyataan ini
adalah salah satu ciri-ciri budaya politik :
a. parokial
b. kaula
c. partisipan
d. Indonesia
e. Barat
Kunci : C
Kompetensi yang diuji : Mendeskripsikan pentingnya sosialisasi pengembangan
budaya politik
Indikator : Siswa dapat menyebutkan fungsi partai politik
Nomor Soal : 37
: Dibawah ini merupakan beberapa fungsi partai politik,
kecuali :
a. sebagai sarana memperjuangkan kepentingan politik
b. sebagai sarana pengawas politik
c. sebagai sarana pengendalian konflik
d. sebagai sarana pengendalian simpatisan partai
e. sebagai sarana komunikasi politik
Kunci : C
Kompetensi yang diuji : Menampilkan peran serta budaya politik partisipan
Indikator : Siswa dapat menyebutkan orientasi politik warga negara
Nomor Soal : 38
: Semakin banyaknya warga negara yang tidak ikut aktif
dalam pemilu memiliki arti bahwa orientasi politik warga
negara bersifat :
a. apatis
b. setia
c. kognitif
d. mendukung
e. evaluatif
Kunci : A
Kompetensi yang diuji : Mendeskripsikan pengertian dan prinsip-prinsip budaya
demokrasi
Indikator : Siswa dapat mengartikan pengertian demokrasi
Nomor Soal : 39
Secara etimologis, demokrasi berasal dari bahasa Yunani
“demos” dan “kratos”. Demos artinya rakyat dan kratos
berarti :
a. memerintah
b. menguasai
c. memimpin
d. kekuasaan
e. perintah
Kunci : D
Kompetensi yang diuji : Mengidentifikasi ciri-ciri masyarakat madani
Indikator : Siswa dapat mengartikan pengertian masyarakat madani
Nomor Soal : 40
Masyarakat madani mula-mula diistilahkan oleh mantan
Deputi Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim. Kata
madani merujuk pada kota Madinah (kota kelahiran Nabi
Muhammad saw) yang berasal dari kata Madaniyah
artinya :
a. peradaban
b. bersih
c. kota suci
d. masyarakat petani
e. masyarakat kota
Kunci : A
Kompetensi yang diuji : Mengkaji peranan organisasi internasional (ASEAN, AA
PBB ) dalam meningkatkan hubungan Internasional
Indikator : Siswa dapat menyebutkan salah satu badan khusus
dibawah naungan PBB yang bergerak dibidang
Pendidikan dan kebudayaan
Nomor Soal : 41
Badan khusus organisasi PBB yang mengelola di bidang
Pendidikan dan Kebudayaan adalah
a. UNICEF
b. UNESCO
c. UNDP
d. ILO
e. UNRWA
Kunci : B
Kompetensi yang diuji : Menghargai kerjasama dan perjanjian internasional yang
bermanfaat bagi Indonesia
Indikator : Siswa dapat menyebutkan peran serta DPR dalam
menentukan kerjasama dengan bangsa lain
Nomor Soal : 42
Pemerintah dalam mengadakan kerja sama dan perjanjian
internasional harus dengan persetujuan :
a. DPR
b. MPR
c. Perwakilan Diplomatik
d. Kabinet
e. Rakyat
Kunci : A
Kompetensi yang diuji : Mendeskripsikan sistem dan hukum peradilan
Internasional
Indikator : Siswa dapat menyebutkan nama salah satu perjanjian
antar negara
Nomor Soal : 43
Dalam menyelesaikan perkara pidana yang terjadi antar
negara, Indonesia perlu memperluas perjanjian ….
a. bilateral
b. multilateral
c. ekstradisi
d. ekspansi
e. transaksi
Kunci : C
Kompetensi yang diuji : Menjelaskan penyebab timbulnya sengketa internasional
dan cara penyelesaian oleh Mahkamah Internasional
Indikator : Siswa dapat menyebutkan peranan hukum internasional
untuk menyelesaikan perselisihan antarnegaranegara
Nomor Soal : 44
Berikut ini adalah peranan hukum internasional dalam
menyelesaikan perselisihan antarnegara secara damai,
kecuali :
a. mengusahakan perundingan
b. menawarkan jasa-jasa baik
c. melakukan tindakan militer
d. penyelesaian lewat pengadilan
e. melalui perantara
Kunci : C
Kompetensi yang diuji : Menghargai putusan Mahkamah Internasional
Indikator : Siswa dapat menyebutkan salah satu tujuan kerjasama
antarnegara untuk perdamaian dan kesejahteraan umat
manusia
Nomor Soal : 45
Kerjasama antarnegara yang bertujuan untuk
meningkatkan perdamaian dan kesejahteraan umat
manusia, khususnya bagi negara-negara Islam adalah :
a. ASEAN
b. OPEC
c. OKI
d. PBB
e. GNB
Kunci : C
Kompetensi yang diuji : Mendeskripsikan Pancasila sebagai ideologi terbuka
Indikator : Siswa dapat menyebutkan kedudukan Pancasila dalam
kehidupan sehari-hari
Nomor Soal : 46
Penegasan Pancasila sebagai ideologi terbuka pada satu
pihak mengharuskan mempertajam nilai-nilai Pancasila
yang bersifat abadi. Dilain pihak, kita di dorong untuk
mengembangkan secara kreatif dan dinamis untuk
menjawab :
a. kebutuhan zaman
b. masalah politik
c. masalah ekonomi
d. masalah keamanan
e. masalah kebudayaan
Kunci : A
Kompetensi yang diuji : Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan
paradigma pembangunan
Indikator : Siswa dapat menyebutkan nilai Pancasila yang terdapat
dalam pembukaan UUD 1945
Nomor Soal : 47
Nilai-nilai Pancasila yang bersifat abadi ialah nilai
Pancasila yang terdapat dalam :
a. Batang Tubuh UUD 1945
b. Pembukaan UUD 1945
c. Penjelasan UUD 1945
d. Sistem Pemerintahan RI
e. Hubungan antar lembaga-lembaga negara
Kunci : B
Kompetensi yang diuji : Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan
paradigma pembangunan
Indikator : Siswa dapat menjelaskan bentuk tantangan bagi bangsa
dalam era keterbukaan
Nomor Soal : 48
Tantangan yang paling jelas dalam era keterbukaan,
demokrasi dan kemajuan diberbagai bidang adalah :
a. paham individualisme dan pasar bebas yang merebak dan melanda Indonesia
b. nilai-nilai yang bertentangan dengan tatanan budaya bangsa masuk ke Indonesia
c. lahirnya ideologi tunggal, liberalisme setelah runtuhnya komunisme Uni Soviet
d. keraguan bangsa Indonesia terhadap ideologi Pancasila sebagai pandangan hidup
e. kelestarian hidup bangsa Indonesia akibat perkembangan masyarakat global
Kunci : B
Kompetensi yang diuji : Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai
ideologi terbuka
Indikator : Siswa dapat menyebutkan kedudukan Pancasila dalam
Pembukaan UUD 1945
Nomor Soal : 49
Kedudukan Pancasila sebagai dasar negara Republik
Indonesia tersirat dalam Pembukaan UUD 1945, alinea :
a. I
b. II
c. III
d. IV
e. I,IV
Kunci : D
Kompetensi yang diuji : Menganalisis sistem pemerintahan di berbagai negara
Indikator : Siswa dapat menyebutkan negara yang pernah melakukan
politik apartheid
Nomor Soal : 50
Politik apartheid pernah dilaksanakan di negara…..
a. Brasil
b. India
c. Jepang
d. Mesir
e. Afrika Selatan
Kunci : E
dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Indikator : Siswa dapat menyebutkan aspek negatif globalisasi
Nomor Soal : 1
Di era globalisasi dampak positif dan negatif pada suatu
negara pasti akan dijumpai, dibawah ini adalah dampak
aspek negatif globalisasi, kecuali :
a. masuknya nilai budaya luar akan menghilangkan nilai-nilai tradisi dan identitas suatu bangsa
b. eksploitasi alam dan sumber daya lain akan memuncak karena kebutuhan yang makin besar
c. dalam bidang ekonomi, berkembang nilai-nilai konsumerisme dan individual yang menggeser nilai-nilai sosial masyarakat
d. terjadi dehumanisasi, yaitu derajat manusia nantinya tidak dihargai karena lebih banyak menggunakan mesin-mesin berteknologi tinggi
e. penggunaan mesin ketik sekarang diganti dengan alat komputer yang lebih canggih
Kunci : E
Kompetensi yang diuji : Mendeskripsikan proses, aspek, dan dampak globalisasi
dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Indikator : Siswa dapat menyebutkan aspek positif globalisasi
Nomor Soal : 2
Lihat soal nomor 41, dampak aspek positif arus
globalisasi seperti tergambar berikut ini, kecuali :
a. telepon ke hp
b. cangkul ke traktor
c. pelita ke listrik
d. kawin adat ke kawin kontrak
e. radio ke televisi
Kunci : D
Kompetensi yang diuji : Mengevaluasi pengaruh globalisasi terhadap kehidupan
bangsa dan negara Indonesia
Indikator : Siswa dapat memberikan contoh sikap yang
mencerminkan nasionalisme di era globalisasi
Nomor Soal : 3
Contoh sikap yang mencerminkan nasionalisme di
era globalisasi adalah :
a. kebersamaan dalam berjuang
b. semangat mencintai daerahnya
c. meningkatkan kemajuan teknologi
d. memperbaiki kondisi sosial ekonomi
e. meningkatkan kemajuan ekademis
Kunci : A
Kompetensi yang diuji : Mengidentifikasi ciri perekonomian Indonesia sesuai sila
keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Indikator : Siswa dapat menunjukkan wujud partisipasi rakyat dalam
perekonomian menurut pasal 33 UUD 1945
Nomor Soal : 4
Wujud partisipasi aktif rakyat dalam perekonomian
menurut pasal 33 UUD 1945 dapat ditunjukkan dengan
cara :
a. menjadi anggota koperasi
b. memberdayakan swasta
c. mengembangkan perusahaan
d. meningkatkan efisiensi BUMN
e. menjadi pengurus yayasan
Kunci : A
Kompetensi yang diuji : Mengidentifikasi tuntunan tingkah laku sebagai
kewajiban moral yang perlu ditumbuhkembangkan dalam
masyarakat majemuk
Indikator : Siswa dapat menjelaskan wujud suasana kerukunan hidup
antarumat beragama dalam masyarakat
Nomor Soal : 5
Suasana kerukunan hidup antarumat beragama di dalam
masyarakat dapat diwujudkan terutama bila kita
a. bersedia memahami sifat dan kepentingan pemeluk agama lain
b. mau menghormati dan bekerjasama dengan pemeluk agama lain
c. tidak keberatan membantu kepentingan bagi pemeluk agama lain
d. dengan senang hati bekerja untuk kepentingan pemeluk agama lain
e. rela berkorban dan kasih sayang terhadap pemeluk agama lain
Kunci : B
Kompetensi yang diuji : Mendeskripsikan kegunaan upaya menjaga ketentraman,
ketertiban keamanan dalam mendukung pembangunan
nasional guna mencapai tujuan nasional yaitu masyarakat
adil dan makmur
Indikator : Siswa dapat menjelaskan manfaat/kegunaan dari ketaatan
atau kepatuhan dalam kehidupan bernegara
Nomor Soal : 6
Kegunaan atau manfaat dari ketaatan atau kepatuhan
dalam kehidupan bernegara yaitu :
a. terciptanya kehidupan yang aman dan tertib
b. menjamin dan menegakkan kepastian hukum
c. meningkatkan stabilitas nasional
d. meningkatkan kepercayaan luar negeri
e. mendorong kemajuan ekonomi nasional
Kunci : A
Kompetensi yang diuji : Mengidentifikasi ciri perwujudan keikhlasan, kejujuran,
dan pengabdian dalam berbagai kehidupan untuk
mendukung pembangunan watak dan kepribadian
masyarakat yang berbudi luhur
Indikator : Siswa dapat memberikan contoh perilaku masyarakat
yang mencerminkan keikhlasan, kejujuran, dan
pengabdian dalam berbagai kehidupan
Nomor Soal : 7
Perilaku masyarakat yang mencerminkan perwujudan
keikhlasan yaitu :
a. menerima sesuatu hasil yang sepadan dengan apa yang dikerjakan
b. memberi sesuatu yang sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya
c. memberikan sesuatu tanpa mengharap imbalan atau tanpa pamrih
d. menghukum orang sesuai derajat kesalahan yang diperbuatnya
e. melaksanakan pekerjaan sesuai dengan tugas yang diberikan
Kunci : C
Kompetensi yang diuji : Mengidentifikasi kedisiplinan dalam membangun
ketertiban guna mendukung kberhasilan pembangunan
nasional
Indikator : Siswa dapat memberikan contoh perilaku yang sesuai
dengan norma yang ada dalam masyarakat
Nomor Soal : 8
Contoh perilaku yang sesuai dengan norma hukum adalah
a. memberantas tindak kejahatan
b. membiarkan pengadilan massa
c. membayar pajak tepat waktu
d. menghukum orang yang bersalah
e. menangkap pelanggar hukum
Kunci : D
Kompetensi yang diuji : Menganalisis kehidupan demokrasi sebagai bentuk
tanggung jawab pelaksanaan kehidupan bernegara
Indikator : Siswa dapat menjelaskan prinsip pokok yang harus
diperhatikan dalam pelaksanaan demokrasi Pancasila
Nomor Soal : 9
Prinsip pokok yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan
demokrasi Pancasila adalah :
a. putusan harus diambil dengan musyawarah mufakat
b. kita harus selalu menghormati hak orang lain
c. kebebasan yang diikuti oleh rasa tanggung jawab
d. kekuasaan rakyat dibatasi dengan peraturan
e. pemerintah harus memperhatikan aspirasi rakyat
Kunci : E
Kompetensi yang diuji : Menganalisis dan menarik kesimpulan penilaian terhadap
pola hidup moderen dalam kaitannya dengan pola hidup
sederhana
Indikator : Siswa dapat memberikan contoh prilaku yang
menggambarkan pola hidup sederhana
Nomor Soal : 10
Contoh prilaku yang sesuai dengan pola hidup sederhana
adalah :
a. menentukan kebutuhan sehari-hari seminim mungkin
b. menghindari pengeluaran yang tidak diperlukan
c. bersedia memakai barang yang masih pantas dipakai
d. selalu memakai barang produk dalam negeri
e. berpuasa setiap kamis untuk menghemat pengeluaran
Kunci : B
Kompetensi yang diuji : Menganalisis pelaksanaan sistem pemerintahan di negara
Indonesia
Indikator : Siswa dapat menyebutkan kekuasaan yang mengadili
perbuatan yang melanggar undang-undang
Nomor Soal : 11
Menurut pendapat Montesquieu, kekuasaan yang
mengadili perbuatan yang melanggar Undang-Undang
adalah :
a. Pengadilan
b. Legeslatif
c. Mahkamah Agung
d. Eksekutif
e. Yudikatif
Kunci : E
Kompetensi yang diuji : Membandingkan pelaksanaan sistem pemerintahan yang
berlaku di Indonesia dengan negara lain
Indikator : Siswa dapat membandingkan penerapan demokrasi
Pancasila dengan demokrasi negara Barat
Nomor Soal : 12
Keunggulan demokrasi Pancasila bila dibandingkan
dengan demokrasi di negara liberal adalah :
a. hak-hak asasi manusia menurut demokrasi Pancasila dijunjung tinggi dalam masyarakat
b. kebebasan dalam mengemukakan pendapat dijamin dalam peraturan perundang-undangan
c. demokrasi Pancasila digali dari nilai sosial budaya bangsa Indonesia sendiri
d. dalam demokrasi Pancasila tidak mengenal adanya oposisi dalam kehidupan bernegara
e. kebersamaan dalam segala hal dijunjung tinggi menurut demokrasi Pancasila
Kunci : C
Kompetensi yang diuji : Menganalisis pelaksanaan sistem pemerintahan di negara
Indonesia
Indikator : Siswa dapat menjelaskan prinsip pengambilan keputusan
menurut UUD 1945
Nomor Soal : 13
Prinsip yang terkandung dalam UUD 1945 mengenai
pengambilan keputusan adalah :
a. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan
b. menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban
c. mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa
d. musyawarah untuk mencapai mufakat
e. mengambil keputusan berdasarkan suara terbanyak
Kunci : E
Kompetensi yang diuji : Mendeskripsikan pengertian, fungsi dan peran serta
perkembangan pers di Indonesia
Indikator : Siswa dapat menyebutkan undang-undang pers di
Indonesia
Nomor Soal : 14
Pers nasional mempunyai fungsi sebagai media
informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial. Pers
nasional berkewajiban memberitakan peristiwa dan opini
dengan menghormati norma-norma agama dan rasa
kesusilaan masyarakat serta asas praduga tak bersalah.
Dari pemahaman pers nasional tersebut berlandaskan
pada UU Pers nomor :
a. 40 tahun 1999
b. 41 tahun 1999
c. 42 tahun 1999
d. 43 tahun 1999
e. 39 tahun 2000
Kunci : A
Kompetensi yang diuji : Mendeskripsikan pengertian, fungsi dan peran serta
perkembangan pers di Indonesia
Indikator : Siswa dapat menyebutkan pengertian pers menurut Taufik
Nomor Soal : 15
Menurut Taufik dalam bukunya berjudul “Sejarah dan
Perkembangan Pers di Indonesia” pers nasional
digolongkan menjadi dua, dalam arti sempit dan dalam
arti luas. Dibawah ini adalah contoh pemahaman pers
dalam arti sempit :
a. radio
b. surat kabar
c. televisi
d. film
e. internet
Kunci : B
Kompetensi yang diuji : Menganalisis pers yang bebas dan bertanggung jawab
sesuai kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis
di Indonesia
Indikator : Siswa dapat mengemukakan hak asasi mengemukakan
pendapat sesuai dengan perundangan yang berlaku
Nomor Soal : 16
Hak asasi kebebasan berbicara dan memperoleh informasi
yang merupakan hak setiap warga negara. Negara
Indonesia telah menjamin kebebasan berbicara dan
mengeluarkan pendapat yang sudah diatur dalam UUD
1945 :
a. pasal 27 ayat 1
b. pasal 27 ayat 2
c. pasal 28 ayat 1
d. pasal 28 ayat 2
e. pasal 18 ayat 1
Kunci : C
Kompetensi yang diuji : Menganalisis pers yang bebas dan bertanggung jawab
sesuai kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis
di Indonesia
Indikator : Siswa dapat menyebutkan sejumlah media massa yang
ada sejak zaman penjajahan di Indonesia
Nomor Soal : 17
Dibawah ini adalah contoh harian yang terbit pada masa
pergerakan, antara lain sebagai berikut, kecuali :
a. Harian Sedio Tomo
b. Harian Darmo Kondo
c. Harian Utusan Hindia
d. Harian Merdeka
e. Harian Fadjar Asia
Kunci : D
Kompetensi yang diuji : Mengevaluasi kebebasan pers dan dampak
penyalahgunan kebebasan media massa dalam dan
dampak penyalahgunaan kebebasan media massa dalam
masyarakat demokratis di Indonesia
Indikator : Siswa dapat menyebutkan manfaat media massa untuk
Masyarakat
Nomor Soal : 18
Media massa bagi masyarakat adalah wahana untuk
mewujudkan hak :
a. mendapatkan jaminan hukum
b. memperoleh pekerjaan yang layak
c. memiliki sesuatu
d. menyatakan pendapat dan berbicara
e. memeluk agama atau kepercayaan
Kunci : D
Kompetensi yang diuji : Mengevaluasi kebebasan pers dan dampak
penyalahgunan kebebasan media massa dalam dan
dampak penyalahgunaan kebebasan media massa dalam
masyarakat demokratis di Indonesia
Indikator : Siswa dapat menyebutkan manfaat media massa di era
Budi Utomo
Nomor Soal : 19
Setelah munculnya pergerakan moderen Budi Utomo 20
Mei 1908, surat kabar yang dikeluarkan orang Indonesia
lebih banyak berfungsi sebagai :
a. alat perjuangan
b. alat pemersatu
c. media terlarang
d. media penjajah
e. pers bebas
Kunci : A
Kompetensi yang diuji : Mendeskripsikan proses, aspek, dan dampak globalisasi
dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Indikator : Siswa dapat menyebutkan contoh pasar bebas yang ada di
Asia
Nomor Soal : 20
Dalam era global, barang, jasa dan produk dari berbagai
negara akan masuk dan saling berkompetisi dengan
produk lokal. Arus keluar masuk barang dan jasa tidak
lagi dibatasi. Di wilayah-wilayah regional dibentuk pasar
bersama, misalnya di Asia dengan pemberlakuan :
a. AFTA
b. ASEAN
c. NATO
d. SEATO
e. Pakta Warsawa
Kunci : A
Kompetensi yang diuji : Menganalisis pelaksanaan demokrasi di Indonesia sejak
orla, orba, dan reformasi
Indikator : Siswa dapat memberi contoh budaya demokrasi di
Indonesia
Nomor Soal : 21
Berikut ini adalah salah satu contoh budaya demokrasi di
Indonesia, kecuali :
a. melakukan diskusi antarteman
b. mengadakan pemungutan suara untuk memilih ketua kelas
c. memaksakan pendapat yang dianggap benar
d. menghargai pendapat teman lain
e. menghindari kekerasan
Kunci : C
Kompetensi yang diuji : Menampilkan prilaku budaya demokrasi dalam
kehidupan sehari-hari
Indikator : Siswa dapat memberi contoh budaya demokrasi yang ada
di sekolah
Nomor Soal : 22
Contoh penerapan budaya demokrasi yang ada di
lingkungan sekolah adalah seperti berikut, kecuali :
a. kesediaan bergaul dengan teman di sekolah tanpa diskriminasi
b. menerima teman yang berbeda latar belakang suku, budaya, ras dan agama
c. mengutamakan musyawarah, membuat kesepakatan untuk menyelesaikan masalah
d. menghargai pendapat teman lain asalkan pendapat itu tidak berbeda dengan kita
e. menerima dengan ikhlas hasil kesepakatan bersama
Kunci : D
Kompetensi yang diuji : Mendeskripsikan pengertian dan pentingnya keterbukaan
dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Indikator : Siswa dapat menjelaskan pengertian keterbukaan dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara
Nomor Soal : 23
Arti penting pemerintah yang terbuka adalah dapat …
a. menciptakan kebebasan
b. memperkuat kekuasaan
c. meningkatkan partisipasi
d. memperbanyak ancaman
e. memperlemah negara lain
Kunci : A
Kompetensi yang diuji : Menunjukkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara
Indikator : Siswa dapat memberi pengertian tentang keterbukaan di
dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Nomor Soal : 24
Para penyelenggara negara dalam bertindak harus tetap
berlandaskan pada peaturan perundang-undangan,
kepatuhan, dan keadilan dalam setiap dalam setiap
kebijaksanaannya. Hal itu berarti penyelenggara negara
berdasarkan asas :
a. kepastian hukum
b. tertib penyelenggara negara
c. kepentingan umum
d. keterbukaan
e. proporsionalitas
Kunci : D
Kompetensi yang diuji : Menganalisis fungsi perwakilan diplomatik
Indikator : Siswa dapat menyebutkan landasan politik luar negeri
Indonesia
Nomor Soal : 25
Ada 2 landasan politik luar negeri Indonesia, pertama
landasan idiil dan kedua landasan struktural. Dibawah ini
adalah yang termasuk landasan struktural :
a. TAP MPR
b. Pancasila
c. Kepres
d. Pembukaan UUD 1945
e. Bebas dan aktif
Kunci : D
Kompetensi yang diuji : Menganalisis upaya pemberantasan korupsi di Indonesia
Indikator : Siswa dapat menyebutkan dasar hukum tentang
pemberantasan korupsi di Indonesia
Nomor Soal : 26
: Dibawah ini adalah Undang-Undang Anti Korupsi yang
pengesahannya sesuai dengan pengesahan Konvensi
Perserikatan Bangsa-Bangsa anti korupsi, 2003 yaitu :
a. UU No 4 tahun 2006
b. UU No 5 tahun 2006
c. UU No 6 tahun 2006
d. UU No 7 tahun 2006
e. UU No 40 tahun 1999
Kunci : D
Kompetensi yang diuji : Menganalisis upaya pemajuan, penghormatan dan
penegakan HAM
Indikator : Siswa dapat menyebutkan pengertian HAM menurut
konstitusi RIS yang bersifat universal
Nomor Soal : 27
: Pengertian HAM menurut konstitusi RIS memiliki sifat
universal, namun pelaksanaannya di negara Indonesia
berpangkal pada :
a. keseimbangan antara hak dan kewajiban
b. pernyataan sedunia tentang hak asasi
c. empat kebebasan Franklin D. Rossevelt
d. hak asasi pribadi, ekonomi, dan keamanan
e. hak asasi politik dan sosial budaya
Kunci : A
Kompetensi yang diuji : Menganalisis kedudukan Pembukaan UUD 1945 negara
kesatuan republik indonesia
Indikator : Siswa dapat menjelaskan makna yuridis konstitusional
Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 bagi bangsa
Indonesia
Nomor Soal : 28
: Ditinjau dari aspek yuridis, Proklamasi Kemerdekaan 17
Agustus 1945 mempunyai makna :
a. dimulainya penerapan Pancasila sebagai sumber
hukum
b. berlakunya supremasi hukum untuk ditegakkan oleh bangsa
c. negara Indonesia berdasarkan atas hukum, bukan kekuasaan
d. diakuinya negara hukum Indonesia dalam forum Internasional
e. menandai mulai dihapuskannya sistem hukum kolonial
Kunci : E
Kompetensi yang diuji : Menghargai persamaan kedudukan warga negara tanpa
membedakan ras, agama, gender, golongan, budya dan
suku
Indikator : Siswa dapat menyebutkan dasar hukum tentang
persamaan kedudukan sebagai warga negara
Nomor Soal : 29
: Tiap warga negara bersamaan kedudukannya didalam
hukum dan pemerintah dan wajib menjunjung hukum
pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya,
pernyataan ini adalah isi dari salah satu UUD 1945 pasal
a. 26 ayat 1
b. 27 ayat 1
c. 27 ayat 2
d. 28 ayat 3
e. 18 ayat 4
Kunci : B
Kompetensi yang diuji : Menampilkan peran serta dalam sistem politik di
Indonesia
Indikator : Siswa dapat menyebutkan kedudukan budaya politik di
masyarakat
Nomor Soal : 30
: Sistem politik demokrasi pada hakekatnya menyatakan
bahwa kekuasaan berada di tangan
a. negara
b. rakyat
c. pemerintah
d. DPR
e. MPR
Kunci : B
Kompetensi yang diuji : Mendiskripsikan hakekat bangsa dan unsur-unsur
terbentuknya negara
Indikator : Siswa dapat menjelaskan pengertian Zoon Politicon
menurut pendapat Aristoteles
Nomor Soal : 31
: Dalam kehidupan masyarakat yang mejemuk banyak
terdapat masalah-masalah sosial, sehingga Aristoteles
menyebutnya sebagai Zoon Politicon maksudnya adalah :
a. jumlah penduduk meningkat
b. mata pencaharian masyarakat semakin sulit
c. makhluk sosial
d. masyarakat suka kritis
e. masyarakat yang heterogen
Kunci : C
Kompetensi yang diuji : Menunjukkan semangat kebangsaan, nasionalisme dan
patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa
dan bernegara
Indikator : Siswa dapat memahami semangat patriotisme dan
nasionalisme dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Nomor Soal : 32
: Jika saya sedang bertempat tinggal di perbatasan dengan
negara tetangga Malaysia, kemudian saya ditawari dan
direkrut menjadi relawan Askar Wataniah oleh kerajaan
Malaysia maka sikap saya adalah :
a. ikut saja karena gajinya besar
b. tidak mau ikut karena tidak ditawari
c. daripada hidup melarat lebih baik jadi warga negara
penghianat
d. tidak mau biar dalam keadaan bagaimanapun
e. tidak mau ikut karena masih ada pekerjaan yang lain
Kunci : D
Kompetensi yang diuji : Mendiskripsikan pengertian sistem hukum dan peradilan
nasional
Indikator : Siswa dapat menyebutkan sifat hukum
Nomor Soal : 33
: Di Indonesia diberlakukannya hukum positif, menurut
jenisnya dibagi menjadi dua bagian. Yang pertama
hukum perdata dan kedua hukum pidana, kedua jenis
hukum tersebut mempunyai sifat :
a. memaksa
b. pasti
c. pleksibel
d. mengadili
e. menghukum supaya jera
Kunci : A
Kompetensi yang diuji : Menganalisis peranan lembaga-lembaga peradilan
Indikator : Siswa dapat menyebutkan pengertian grasi
Nomor Soal : 34
Pengadilan telah menyidangkan kelompok teroris,
tuduhan telah dengan sengaja menghabiskan nyawa orang
lain dan dianggap ancaman bagi suatu negara tuntutan
jaksa dan keputusan hakim adalah hukuman mati,
mendengar keputusan tersebut mereka naik banding dan
mengajukan grasi kepada Presiden, kata grasi dalam
pernyataan tersebut artinya :
a. menolak tuduhan yang disampaikan jaksa
b. minta keringanan hukuman
c. minta ampunan
d. mengklarifikasi kejadian yang sebenarnya
e. minta dibebaskan dari semua tuduhan
Kunci : B
Kompetensi yang diuji : Menunjukkan sikap yang sesuai dengan ketentuan hukum
yang berlaku
Indikator : Siswa dapat membedakan perbuatan yang melawan
hukum yang berlaku di negara Indonesia
Nomor Soal : 35
: Apabila ada seorang pejabat sedang mengendarai mobil
berhadapan dengan Polantas yang sedang razia, kebetulan
tidak membawa surat-surat kendaraan dan tidak
menggunakan sabuk pengaman, maka sikap yang paling
baik adalah :
a. tancap gas meninggalkan Polisi yang sedang razia
b. mengakui kesalahan dan menerima surat tilang tapi tidak mau diadili di pengadilan
c. minta diijinkan pergi karena dia seorang pejabat sedang ada urusan dinas
d. memberi sedikit uang kepada petugas dan langsung pergi
e. menerima surat tilang dan diselesaikan di pengadilan
Kunci : E
Kompetensi yang diuji : Mendiskripsikan pengertian budaya politik
Indikator : Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri budaya politik
partisipan
Nomor Soal : 36
: Kehidupan politik dianggap sebagai sarana transaksi
seperti halnya penjual dan pembeli. Warga dapat
menerima sebagai kesadaran, tetapi juga harus mampu
menolak berdasarkan penilaiannya sendiri.Pernyataan ini
adalah salah satu ciri-ciri budaya politik :
a. parokial
b. kaula
c. partisipan
d. Indonesia
e. Barat
Kunci : C
Kompetensi yang diuji : Mendeskripsikan pentingnya sosialisasi pengembangan
budaya politik
Indikator : Siswa dapat menyebutkan fungsi partai politik
Nomor Soal : 37
: Dibawah ini merupakan beberapa fungsi partai politik,
kecuali :
a. sebagai sarana memperjuangkan kepentingan politik
b. sebagai sarana pengawas politik
c. sebagai sarana pengendalian konflik
d. sebagai sarana pengendalian simpatisan partai
e. sebagai sarana komunikasi politik
Kunci : C
Kompetensi yang diuji : Menampilkan peran serta budaya politik partisipan
Indikator : Siswa dapat menyebutkan orientasi politik warga negara
Nomor Soal : 38
: Semakin banyaknya warga negara yang tidak ikut aktif
dalam pemilu memiliki arti bahwa orientasi politik warga
negara bersifat :
a. apatis
b. setia
c. kognitif
d. mendukung
e. evaluatif
Kunci : A
Kompetensi yang diuji : Mendeskripsikan pengertian dan prinsip-prinsip budaya
demokrasi
Indikator : Siswa dapat mengartikan pengertian demokrasi
Nomor Soal : 39
Secara etimologis, demokrasi berasal dari bahasa Yunani
“demos” dan “kratos”. Demos artinya rakyat dan kratos
berarti :
a. memerintah
b. menguasai
c. memimpin
d. kekuasaan
e. perintah
Kunci : D
Kompetensi yang diuji : Mengidentifikasi ciri-ciri masyarakat madani
Indikator : Siswa dapat mengartikan pengertian masyarakat madani
Nomor Soal : 40
Masyarakat madani mula-mula diistilahkan oleh mantan
Deputi Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim. Kata
madani merujuk pada kota Madinah (kota kelahiran Nabi
Muhammad saw) yang berasal dari kata Madaniyah
artinya :
a. peradaban
b. bersih
c. kota suci
d. masyarakat petani
e. masyarakat kota
Kunci : A
Kompetensi yang diuji : Mengkaji peranan organisasi internasional (ASEAN, AA
PBB ) dalam meningkatkan hubungan Internasional
Indikator : Siswa dapat menyebutkan salah satu badan khusus
dibawah naungan PBB yang bergerak dibidang
Pendidikan dan kebudayaan
Nomor Soal : 41
Badan khusus organisasi PBB yang mengelola di bidang
Pendidikan dan Kebudayaan adalah
a. UNICEF
b. UNESCO
c. UNDP
d. ILO
e. UNRWA
Kunci : B
Kompetensi yang diuji : Menghargai kerjasama dan perjanjian internasional yang
bermanfaat bagi Indonesia
Indikator : Siswa dapat menyebutkan peran serta DPR dalam
menentukan kerjasama dengan bangsa lain
Nomor Soal : 42
Pemerintah dalam mengadakan kerja sama dan perjanjian
internasional harus dengan persetujuan :
a. DPR
b. MPR
c. Perwakilan Diplomatik
d. Kabinet
e. Rakyat
Kunci : A
Kompetensi yang diuji : Mendeskripsikan sistem dan hukum peradilan
Internasional
Indikator : Siswa dapat menyebutkan nama salah satu perjanjian
antar negara
Nomor Soal : 43
Dalam menyelesaikan perkara pidana yang terjadi antar
negara, Indonesia perlu memperluas perjanjian ….
a. bilateral
b. multilateral
c. ekstradisi
d. ekspansi
e. transaksi
Kunci : C
Kompetensi yang diuji : Menjelaskan penyebab timbulnya sengketa internasional
dan cara penyelesaian oleh Mahkamah Internasional
Indikator : Siswa dapat menyebutkan peranan hukum internasional
untuk menyelesaikan perselisihan antarnegaranegara
Nomor Soal : 44
Berikut ini adalah peranan hukum internasional dalam
menyelesaikan perselisihan antarnegara secara damai,
kecuali :
a. mengusahakan perundingan
b. menawarkan jasa-jasa baik
c. melakukan tindakan militer
d. penyelesaian lewat pengadilan
e. melalui perantara
Kunci : C
Kompetensi yang diuji : Menghargai putusan Mahkamah Internasional
Indikator : Siswa dapat menyebutkan salah satu tujuan kerjasama
antarnegara untuk perdamaian dan kesejahteraan umat
manusia
Nomor Soal : 45
Kerjasama antarnegara yang bertujuan untuk
meningkatkan perdamaian dan kesejahteraan umat
manusia, khususnya bagi negara-negara Islam adalah :
a. ASEAN
b. OPEC
c. OKI
d. PBB
e. GNB
Kunci : C
Kompetensi yang diuji : Mendeskripsikan Pancasila sebagai ideologi terbuka
Indikator : Siswa dapat menyebutkan kedudukan Pancasila dalam
kehidupan sehari-hari
Nomor Soal : 46
Penegasan Pancasila sebagai ideologi terbuka pada satu
pihak mengharuskan mempertajam nilai-nilai Pancasila
yang bersifat abadi. Dilain pihak, kita di dorong untuk
mengembangkan secara kreatif dan dinamis untuk
menjawab :
a. kebutuhan zaman
b. masalah politik
c. masalah ekonomi
d. masalah keamanan
e. masalah kebudayaan
Kunci : A
Kompetensi yang diuji : Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan
paradigma pembangunan
Indikator : Siswa dapat menyebutkan nilai Pancasila yang terdapat
dalam pembukaan UUD 1945
Nomor Soal : 47
Nilai-nilai Pancasila yang bersifat abadi ialah nilai
Pancasila yang terdapat dalam :
a. Batang Tubuh UUD 1945
b. Pembukaan UUD 1945
c. Penjelasan UUD 1945
d. Sistem Pemerintahan RI
e. Hubungan antar lembaga-lembaga negara
Kunci : B
Kompetensi yang diuji : Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan
paradigma pembangunan
Indikator : Siswa dapat menjelaskan bentuk tantangan bagi bangsa
dalam era keterbukaan
Nomor Soal : 48
Tantangan yang paling jelas dalam era keterbukaan,
demokrasi dan kemajuan diberbagai bidang adalah :
a. paham individualisme dan pasar bebas yang merebak dan melanda Indonesia
b. nilai-nilai yang bertentangan dengan tatanan budaya bangsa masuk ke Indonesia
c. lahirnya ideologi tunggal, liberalisme setelah runtuhnya komunisme Uni Soviet
d. keraguan bangsa Indonesia terhadap ideologi Pancasila sebagai pandangan hidup
e. kelestarian hidup bangsa Indonesia akibat perkembangan masyarakat global
Kunci : B
Kompetensi yang diuji : Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai
ideologi terbuka
Indikator : Siswa dapat menyebutkan kedudukan Pancasila dalam
Pembukaan UUD 1945
Nomor Soal : 49
Kedudukan Pancasila sebagai dasar negara Republik
Indonesia tersirat dalam Pembukaan UUD 1945, alinea :
a. I
b. II
c. III
d. IV
e. I,IV
Kunci : D
Kompetensi yang diuji : Menganalisis sistem pemerintahan di berbagai negara
Indikator : Siswa dapat menyebutkan negara yang pernah melakukan
politik apartheid
Nomor Soal : 50
Politik apartheid pernah dilaksanakan di negara…..
a. Brasil
b. India
c. Jepang
d. Mesir
e. Afrika Selatan
Kunci : E
0 komentar:
Posting Komentar